Tab Google Chrome Reload Sendiri?

Pertanyaan: Misalnya saya membuka 5 tab. Ketika saya berada di tab 1 dan akan pindah ke tab 3, kok tab 3 reload sendiri ya? Waktu mau pindah ke tab lain yang beberapa menit tidak dibuka, eh reload juga.

Untuk mengatasinya, coba cek dulu dalemannya Google Chrome melalui chrome://flags. Ada fitur yang namanya Automatic Tab Discarding (ATD). Lihat statusnya; kalau dalam kondisi Default atau Enabled, ganti ke Disabled. Setelah itu jangan lupa restart browser.

Fitur tersebut bertujuan untuk menghemat memori yang dikonsumsi Google Chrome. Tab-tab yang terbuka itu makan memori, lho. Makin banyak tab yang terbuka, makin rakus konsumsinya sehingga akibatnya lama-lama browser akan makin terasa berat. Nah, dengan ATD itulah, tab-tab yang lama tidak dibuka bakalan di-unload secara otomatis.

Tips ini ditulis saat Google Chrome menginjak versi 54.0.2840.99



Kekurangannya, ATD ini main pukul rata. User tidak diberi pilihan untuk memilih situs atau tab mana saja yang seharusnya di-unload.

Karena itulah banyak yang lebih memilih menginstall ekstensi semacam The Great Suspender. Kelebihannya, tab bisa diunload secara otomatis dan manual. Selain itu, user juga bisa membuat whitelist supaya situs-situs pilihannya tidak di-unload oleh ekstensi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar