Alarm PC/Laptop Setiap Jam, Tiap Beberapa Jam Atau Menit

Terlalu lama di depan layar komputer bisa bikin mata lelah dan merah, kepala puyeng, dan jika jadi kebiasaan bisa membuat perut menjadi buncit karena minimnya aktivitas fisik. Untuk mencegahnya, disarankan untuk selalu beristirahat secara periodik, misalnya setiap 20 menit sekali. Kalau sering terlena sehingga lupa waktu, ada baiknya untuk menggunakan bantuan aplikasi alarm. Salah satunya adalah Big Stretch Reminder yang dapat menyetel alarm setiap periode tertentu (setiap jam, setiap beberapa jam atau menit).

Fitur-fitur Big Stretch Reminder antara lain Timer untuk memilih periode alarm, Display untuk memilih model tampilan alarm, Messages untuk mengelola dan membuat pesan yang ditampilkan saat alarm aktif, Sounds untuk memilih suara alarm.

Cara Menyetel Alarm PC/Laptop Setiap Jam dengan Suara dan Pesan


1. Download Big Stretch Reminder dari situs pembuatnya atau dari Softpedia. Setelah itu, extract dan langsung jalankan aplikasi (tidak perlu install). Aplikasi tersebut mendukung Windows 10, 8, 7, Vista dan XP.

contoh tampilan alarm

2. Pada menu Timer, tentukan periode alarm di kolom "Time between breaks".

timer

3. Klik menu Display, lalu pilih model tampilan alarm. Ada 3 model, yaitu Balloon reminder yang berupa notifikasi di area tray Windows, Popup yang menampilkan kotak pesan di tengah layar, dan Micro-break yang menampilkan kotak pesan di tengah layar selama masa beristirahat berlangsung. Sekedar untuk contoh, pilih Micro-break, lalu tentukan masa tayangnya.

pilih tampilan alarm

4. Klik menu Messages. Untuk membuat pesan baru, klik "Show custom message(s)", lalu klik tanda plus dan ketikkan pesan yang ingin dimunculkan saat alarm berbunyi.

buat pesan alarm

5. Klik menu Sounds, lalu klik "Enable reminder sounds" dan pilih suara alarm yang sesuai selera.

pilih suara alarm

6. Klik tombol "Save and close".

Kekurangan Big Stretch Reminder adalah ukuran huruf di dalam pesan yang terlihat relatif kecil, tapi untungnya jendela pop-up yang muncul di tengah layar sudah cukup menangkap perhatian. Agar tidak monoton, kita bisa membuat beberapa pesan. Nantinya setiap pesan akan ditampilkan silih berganti secara otomatis setiap kali alarm berbunyi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar