Cara Cepat Buka Bookmark, Settings, Ekstensi di Google Chrome & Firefox

Advertisement

Menu bookmark, settings dan ekstensi terletak agak tersembunyi di browser Google Chrome dan Firefox sehingga terkadang terasa agak merepotkan, terutama ketika terpaksa harus bolak-balik membuka menu-menu tersebut, misalnya saat mengelola ekstensi. Untuk mempermudah, ada satu cara sederhana agar aksesnya jadi lebih cepat.

Tidak perlu install ekstensi apapun, cukup dengan menempatkan menu di bookmarks bar. Yang dilakukan disini bukan memindahkan menu, tapi membuat shortcut menu di bookmarks bar. Dengan shortcut, menu bisa dibuka hanya dengan sekali klik.

Tampilan shortcut nantinya akan seperti gambar berikut ini:



Sebagai contoh, untuk membuat shortcut ke menu ekstensi di Google Chrome:

1. Tampilkan bookmark toolbar. Caranya, klik menu Google Chrome yang berbentuk tiga-titik-vertikal di kanan atas, pilih bookmark, lalu klik "Show bookmarks bar". Atau, tekan Ctrl + Shift + B.

2. Buka jendela ekstensi, lalu tekan Ctrl + D.

3. Pada jendela dialog yang terbuka, pilih "Bookmarks bar" di kolom Folder, sedangkan untuk namanya bisa dirubah atau dihilangkan (jika dihilangkan maka nantinya yang muncul di bookmarks bar hanya berupa icon). Setelah itu, klik "Done".



Langkah-langkah di atas bisa diterapkan untuk menu-menu lainnya seperti bookmark, settings, flags dan plugins di Google Chrome. Sedangkan untuk Firefox, sepertinya hanya menu bookmark yang tidak bisa dibuatkan shortcutnya di bookmark toolbar.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar untuk Cara Cepat Buka Bookmark, Settings, Ekstensi di Google Chrome & Firefox

"Harap tidak memuat live link dalam komentar"