Cara Install Font di Windows 10, 7, Vista

Advertisement

Meskipun di dalam Windows sudah terinstall beragam font, mungkin ada yang kurang puas sehingga ingin memasukkan font baru agar nantinya bisa dipakai di Microsoft Word, Excel, Photoshop, Paint, Corel Draw dan aplikasi-aplikasi lainnya. Berbeda halnya dengan menginstall software, menginstall font jauh lebih mudah dan bahkan bisa dilakukan secara massal.

Untuk menambah font, kita tidak perlu menginstall font satu-persatu di dalam setiap aplikasi yang diinginkan. Cukup satu kali instalasi, dan semua font baru akan bisa dipakai hampir di semua aplikasi.

Ada ratusan atau bahkan mungkin ribuan font yang bisa didownload gratis dari berbagai situs penyedia font, salah satunya adalah 1001freefonts.com. Koleksi font di situs tersebut sangat banyak dan dipilah-pilah ke beberapa kategori seperti tulisan tangan (handwriting), typewriter, graffiti, 3D, brush, groovy, horror, dan sebagainya.

Metode 1: Install Font Melalui Klik-Kanan


Cara ini berlaku untuk Windows Vista, Windows 7 dan Windows 10:

1. Download font dari situs penyedia font, misalnya 1001freefonts.com.

2. Jika font yang didownload masih berbentuk ZIP, extract ZIP tersebut dengan Winrar, Winzip atau 7-Zip. Biasanya font berupa file berakhiran .ttf atau .otf.

3. Klik-kanan pada font, lalu klik "Install" (bisa memilih beberapa font sekaligus). Jendela instalasi akan muncul dan proses instalasi berjalan secara otomatis. Tunggu sampai selesai.

pasang font


Metode 2: Install Font dengan Cara Drag and Drop


Cara ini berlaku untuk Windows Vista, Windows 7 dan Windows 10:

1. Download font, lalu jangan lupa untuk melakukan extract terlebih dulu apabila font masih berbentuk ZIP atau RAR.

2. Cari dan buka folder Fonts.

3. Drag and drop font ke folder Fonts (bisa drag and drop beberapa font sekaligus). Jendela instalasi akan muncul dan proses instalasi dijalankan secara otomatis, hanya perlu menunggu sampai selesai.


Metode 3: Double-Click


Cara ini berlaku untuk Windows 7:

1. Download font, lalu jangan lupa untuk melakukan extract terlebih dulu apabila font masih berbentuk ZIP atau RAR.

2. Klik-ganda pada font untuk memunculkan jendela font preview, lalu klik tombol "Install".


Yang perlu diingat dalam menginstall font:

1. Jangan install font dengan nama yang sama persis.
2. Apabila ada aplikasi yang terbuka saat font diinstall, tutup aplikasi tersebut lalu buka kembali untuk menampilkan font yang baru saja diinstall.
3. Jika font masih dalam bentuk ZIP atau RAR, extract terlebih dulu agar bisa diinstall.

Untuk memeriksa apakah font sudah terinstall, bisa dengan cara membuka folder Fonts lalu mencari font yang bersangkutan, atau bisa juga dengan cara membuka aplikasi pengolah kata semacam Microsoft Word.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar untuk Cara Install Font di Windows 10, 7, Vista

"Harap tidak memuat live link dalam komentar"