Cara Cepat Mencari & Membuka File Google Drive Lewat Address Bar

Advertisement

Untuk mencari file di Google Drive, terkadang pengguna harus mengunjungi situsnya dan kemudian menggunakan fitur pencarian yang tersedia. Buat yang internetnya kencang dan unlimited tentu tidak masalah, beda halnya dengan yang pas-pasan. Untuk mengakalinya, ada satu ekstensi Google Chrome yang bisa mencari dan mengakses file Google Drive langsung melalui address bar.

Nama ekstensinya yaitu OmniDrive. Pada saat artikel ini ditulis, ekstensi yang berukuran sekitar 11 KB tersebut sudah diunduh lebih dari 5000 user dengan rating sempurna.

Cara Menggunakan OmniDrive untuk Mencari File Google Drive


1. Install OmniDrive dari sini.
2. Setelah selesai diinstall, ketik drive di address bar, lalu beri spasi 2x sehingga nantinya akan tampil seperti berikut ini:

beri ijin ke google drive

3. Klik "Click here to authenticate"

4. Klik tombol Allow.

konfirmasi dari google drive

5. Untuk mencari file, buka tab baru. Misalkan saja kita mencari file bernama JADWAL. Cara mencarinya, ketik di address bar: drive jadwal

6. Setelah keyword atau nama file diketik, akan muncul serangkaian file yang sesuai dengan kata kunci pencarian. Klik file yang diinginkan dan file tersebut pun akan langsung terbuka di Google Drive.

pencarian file google drive

Catatan: Saat ini OmniDrive menginjak versi 3.6 dan sudah diuji coba di Google Chrome versi 55.0.2883.87 dengan hasil yang memuaskan.


Hanya dengan menginstall satu ekstensi berukuran mini bisa sangat mempermudah akses ke file-file di Google Drive, jadi saya sarankan buat yang sering menggunakan layanan Google tersebut untuk setidaknya mencobanya terlebih dahulu. File jadi lebih cepat ditemukan, langsung bisa dibuka tanpa harus klik sana-sini, plus hemat kuota.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar untuk Cara Cepat Mencari & Membuka File Google Drive Lewat Address Bar

"Harap tidak memuat live link dalam komentar"