Cara Unik Membuat Jendela Aplikasi Agar "Always on Top"

Pernah ingin kalkulator tetap tampil di layar ketika sedang menghitung sesuatu? Atau mungkin ingin mengetik sambil nonton video? Pakai WindowTop.

WindowTop lain daripada yang lain. Aplikasi mungil ini bisa 'memaku' jendela aplikasi agar dapat 'always on top' dengan cara yang unik.

Dapat memaku beberapa jendela aplikasi sekaligus. Ketika dijalankan, WindowsTop menyelipkan toolbar ke setiap jendela aplikasi yang terbuka sehingga kamu bisa membuat jendela aplikasi yang manapun juga agar "always on top".

Memperkecil ukuran jendela aplikasi yang sedang 'always on top'. Fitur ini cukup membantu ketika kamu ingin sebuah aplikasi tetap tampil di depan tapi tidak terlalu menutupi bagian belakangnya.

Jendela aplikasi bisa dibuat transparan. Jendela aplikasi yang dipaku bisa diatur tingkat transparansinya. Mode transparan ini bisa diaktikan melalui toolbar atau keyboard shortcut.

Click-Through

Coba kamu buka notepad, lalu buka video apa saja dengan menggunakan media player seperti PotPlayer atau lainnya. Dengan demikian, notepad di belakang, video di depan menindih notepad.

Saat posisi video menindih notepad, aktifkan mode "click-through". Video akan menjadi transparan dan kamu bisa langsung mengetik di notepad tanpa harus menutup video.


Cara Menggunakan
  1. Download WindowTop dari sini untuk Windows 7 - Windows 10.
  2. Ekstrak isinya.
  3. Buka foldernya. Gunakan versi portabelnya agar tidak perlu install. Versi tersebut ada di dalam subfolder 'Portable (no need to install)'. Selanjutnya, klik-ganda pada WindowTop.
  4. Setelah dijalankan, arahkan kursor ke bagian atas jendela aplikasi yang sedang terbuka. Disitu kalian bisa menemukan toolbar WindowTop. Pilih "SET TOP" untuk membuat jendela aplikasi menjadi 'always on top'.

Ketika dijalankan, WindowTop berdiam di area taskbar. Jendela opsinya dan pengaturan lainnya bisa diakses dengan mengklik-kanan icon WindowTop tersebut.


Melalui menu tersebut kamu bisa mengubah hotkey, menonaktifkan kondisi "always on top" pada setiap jendela aplikasi, mengatur jumlah tombol pada toolbar, menghilangkan toolbar, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar