Cara Membuat GIF dari Video YouTube

Membuat GIF dari video YouTube akan lebih mudah jika setiap video di situs tersebut dilengkapi dengan fitur pembuatan GIF.

Sayangnya, fitur ini hanya tersedia untuk beberapa video dan channel.

Lalu bagaimana dengan video-video YouTube lainnya yang masih belum memiliki fitur tersebut?

Untung saja, masih banyak cara lain untuk membuat gambar bergerak dari YouTube.

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan layanan online semacam imgflip.

Alasan memilih imgflip untuk membuat GIF dari YouTube:

  • Mudah digunakan dan tidak perlu register.
  • Versi gratisnya menawarkan durasi GIF hingga 20 detik, rangkaian gambar hingga 80 frame, dan frame rate hingga 30 FPS
  • Tersedia dalam beberapa ukuran mulai dari 100px hingga 360px
  • Video preview yang cukup nyaman jika dibandingkan dengan layanan-layanan sejenis lainnya. Ketika kamu menggeser slider, gambar thumbnail video akan turut berubah tapi video hanya akan berjalan kalau kamu menekan tombol Preview.
  • Bisa menambahkan tulisan/teks pada GIF
  • Ada fitur Crop GIF untuk memotong GIF
  • Tersedia pula efek Reverse GIF
  • Kecepatan GIF bisa diatur sesuai keinginan
  • Setelah membuat GIF, kamu bisa kembali ke mode editing jika kurang puas dengan hasilnya

Kekurangan: imgflip menambahkan watermark berupa teks kecil di pojok bawah GIF.

Cara Membuat GIF dari video YouTube dengan imgflip

  1. Buka video YouTube yang hendak dijadikan GIF dan salin URLnya
  2. Kunjungi imgflip dan masukkan URL video YouTube yang baru saja disalin di kolom yang disediakan. URL tersebut akan diproses secara otomatis tanpa perlu menekan Enter.
  3. Tentukan titik awal dan akhir video yang hendak dijadikan GIF dengan cara menggeser slider. Gunakan tombol Preview untuk melihat hasilnya.
  4. Pilih ukuran GIF. Untuk versi gratisnya, ada tiga ukuran yang bisa langsung kamu pilih hanya dengan mengklik (100px, 260px, 360px). Catatan: Ukuran paling besar yang ditawarkan dalam versi gratis hanya hingga 360px.
  5. (Langkah ini bisa dilewati) Klik link More Options disamping Reverse GIF untuk menampilkan opsi-opsi lainnya seperti FPS yang lebih besar, kecepatan GIF, ukuran gambar, efek hitam putih, rotasi dan lainnya. Aturlah sesuai keinginan.
  6. (Langkah ini bisa dilewati) Jika ingin menambahkan teks, klik tombol Add text to GIF. Disini kamu bisa memilih huruf kecil atau besar, jenis dan ukuran huruf, warna huruf dan warna pendaran (glow), serta meletakkan teks di berbagai posisi pada gambar dengan menggunakan fitur drag and drop.
  7. (Langkah ini bisa dilewati) Jika hendak menjadikan obyek tertentu dari video sebagai GIF, klik tombol Crop GIF untuk memotong.
  8. Klik tombol Generate GIF untuk membuat GIF.
  9. Kalau kamu sudah puas dengan hasilnya, GIF yang sudah jadi bisa langsung didownload. Kalau belum, klik tombol Change Settings untuk kembali ke mode editing.

Baca juga: Cara Membuat GIF dari Gambar/Foto Dengan Mudah dan Cepat

Masih banyak aplikasi online lainnya yang bisa membuat GIF dari video, tapi dari beberapa yang sudah dicoba, imgflip adalah layanan yang menawarkan pilihan paling lengkap. Memang imgflip menyisipkan watermark di dalam GIF untuk versi layanan gratisnya, tapi ukuran watermark ini sangat kecil dan letaknya pun di pojok sehingga tidak mengganggu tampilan GIF.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar