5 Cara Melihat Versi Google Chrome Tanpa Update

Dari sekian banyak cara untuk mengetahui versi Google Chrome, barangkali yang paling sering digunakan adalah halaman About Google Chrome yang bisa diakses baik melalui address bar dengan mengetik chrome://settings/help maupun melalui menu browser.

Cara di atas banyak digunakan karena setiap pengguna bisa menemui fitur tersebut dengan mudah di dalam menu browser, tapi sebagian pengguna kuota internet mungkin tidak begitu menyukainya. Alasannya, dalam mengecek versinya Google Chrome akan berusaha menghubungi server untuk memeriksa apakah ada versi yang lebih baru dan kemudian akan melakukan update.

Setidaknya ada 5 cara lain yang bisa ditempuh untuk melihat versi google chrome tanpa update. Simak berbagai metodenya di bawah ini.

Cara 1: Cek Versi Langsung di dalam Browser


Jalankan Google Chrome, lalu ketik chrome://version di address bar untuk membuka halaman About Version.

Halaman About Version tersebut menampilkan versi Google Chrome yang saat ini terinstall termasuk informasi seperti apakah browser tersebut 32-bit atau 64-bit, lokasi folder instalasi Google Chrome dan informasi lainnya.



Kalau dirasa perlu, kamu bisa menyimpan halaman tersebut sebagai PDF.

Cara 2: Cek Versi Melalui Programs and Features di Windows


Buka Control Panel, lalu cari dan klik Uninstall a program. Selanjutnya, tunggu sampai semua aplikasi tampil di dalam daftar, lalu cari Google Chrome. Versi browser tersebut bisa dilihat pada kolom Version.



Cara 3: Cek Versi Melalui Aplikasi Uninstaller


Yang namanya uninstaller pasti memuat daftar aplikasi yang terinstall. Nah, coba cek apakah uninstaller yang kamu pakai juga menyertakan informasi versi untuk setiap aplikasi tersebut.

Di bawah ini kamu bisa melihat versi Google Chrome yang termuat di dalam CCleaner terbaru (versi 5.39 saat artikel ini dibuat).




Cara 4: Cek Versi Melalui Properties Browser


Buka folder Google Chrome, klik-kanan pada chrome.exe, lalu klik Properties. Klik tab Details untuk melihat versi browser tersebut.




Cara 5: Cek Versi Online


Buka situs whatismybrowser.com dengan Google Chrome. Versi browser yang kamu pakai akan ditampilkan secara dominan di dalam situs tersebut. Informasi lain yang ikut disertakan adalah OS (operating system) yang dipakai (Windows, Mac atau Linux), status Cookie, status Javascript, IP Address, dan lain-lain.



Kalau memang kamu tidak ingin Google Chrome melakukan update secara otomatis, entah karena ingin berhemat kuota atau karena alasan lainnya, lebih baik matikan saja fitur update-nya. Nantinya kamu bisa melakukan update secara manual dengan mengunduh dan menginstall versi terbarunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar