12 Cara Membuka Control Panel di Windows

Di dalam Control Panel pengguna bisa menemui berbagai macam fitur untuk mengubah konfigurasi standar Windows. Microsot berusaha untuk menggantinya dengan panel Settings namun hingga kini peranan Control Panel masih belum bisa tergantikan sepenuhnya.

Sama halnya seperti di Windows 7, Control Panel juga bisa dibuka dengan berbagai cara di Windows 10. Di dalam artikel ini saya berusaha mengumpulkan semua metode yang ada untuk Windows 7 dan Windows 10 agar bisa diterapkan untuk berbagai situasi.

Ringkasan: Control Panel bisa dibuka melalui God Mode, File Explorer, Run, Start, Quick Launch, Desktop, Taskbar, Power Shell, Power User, keyboard shorcut, Command Prompt, dan Search.

1. Menggunakan Windows Run


Caranya tekan Ctrl + R untuk membuka jendela Run, lalu ketik control dan tekan Enter atau OK. Berlaku untuk Windows 10 dan 7.

2. Menggunakan File Explorer


Kalau kamu sedang membuka File Explorer, langsung saja ketik control di address bar dan tekan Enter. Atau, ketik control panel\all control panel items untuk langsung melihat seluruh item yang ada di dalam Control Panel. Pakai cara ini untuk Windows 7 dan 10.



3. Menggunakan Start Menu


Caranya klik tombol Start, lalu klik Control Panel yang terletak di kolom sebelah kanan pada Windows 7. Sedangkan untuk Windows 10, Control Panel berada di dalam folder Windows System pada Start menu. Klik langsung pada pada Control Panel untuk membukanya. Control Panel juga bisa di-pin ke Start menu.



4. Menggunakan Desktop


Buat shortcut di desktop untuk membuka Control Panel. Cara ini berlaku untuk Windows 7 dan 10. Langkah-langkah pembuatannya bisa dibaca di sini.

5. Menggunakan Keyboard Shortcut


Setelah membuat shortcut Control Panel di desktop, klik kanan pada shortcut tersebut lalu masukkan keyboard shortcut sesuai selera pada kolom Shortcut key. Pastikan shortcut key yang dipilih tidak berbenturan dengan shortcut key yang digunakan pada aplikasi lain yang sedang berjalan. Metode ini bisa diterapkan di Windows 7 dan 10.



6. Menggunakan Power User


Di Windows 10, klik-kanan pada tombol Start, lalu pilih Control Panel. Cara lainnya, tekan tombol keyboard Win + X untuk mengakses Power User.

7. Melalui folder God Mode


Caranya yaitu dengan membuka File Explorer, buat folder baru dengan nama sebagai berikut:

God Mode.{ED7BA470-8E54-465E-825C-99712043E01C}

Tekan Enter dan nama folder pun akan menjadi God Mode. Secara otomatis folder tersebut akan memuat kumpulan applet Control Panel. Silahkan dicoba untuk Windows 7 dan 10.



8. Melalui Taskbar


Pin Control Panel ke taskbar sehingga nantinya bisa dibuka hanya dalam satu kali klik.



9. Menggunakan Command Prompt


Caranya yaitu dengan mengetikkan perintah control panel di dalam jendela Command Prompt, lalu tekan Enter.

10. Menggunakan Windows PowerShell


Caranya sama seperti di Command Prompt, yaitu dengan mengetikkan perintah control panel di dalam PowerShell yang kemudian diikuti dengan menekan Enter untuk mengeksekusi perintah tersebut.

11. Gunakan Fitur Search


Klik tombol Start, lalu ketik control panel dan tunggu sampai hasil pencariannya muncul.



12. Melalui Quick Launch


Klik-kanan pada ruang kosong di taskbar, pilih Toolbars > Desktop. Selanjutnya menu Desktop akan muncul di taskbar. Control Panel bisa ditemui di dalam menu tersebut.



Sekedar tips, kalau kamu sering menggunakan applet tertentu di dalam Control Panel, kamu juga bisa mengaksesnya secara langsung tanpa harus membuka jendela Control Panel. Caranya yaitu dengan membuka Windows Run (Ctrl + R) lalu mengetikkan perintah yang sesuai. Misalnya, control appwiz.cpl untuk membuka applet Programs and Features.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar