Cara Mengetahui Jenis Font di Website via Google Chrome

Biasanya untuk mengetahui jenis font yang digunakan di sebuah website tanpa harus install apapun adalah dengan menggunakan fitur Inspect, tapi cara ini terkadang lumayan merepotkan karena banyaknya kode yang harus dicek. Untungnya ada cara yang jauh lebih praktis.

Namanya WhatFont. Selain menyajikan informasi mengenai jenis font yang dipakai, WhatFont juga menampilkan sejumlah informasi terkait lainnya seperti tinggi baris, warna, ukuran, style dan tingkat ketebalan font.

Cara Install WhatFont


Buka halaman WhatFont di sini, lalu klik tombol ADD TO CHROME. Tunggu sampai kotak pop-up muncul. Selanjutnya, klik Add extension untuk menginstall ekstensi tersebut di Google Chrome.



Setelah terinstall, icon WhatFont muncul di area toolbar yang disertai dengan sebuah notifikasi. Tutup notifikasi tersebut atau abaikan.




Cara Menggunakan WhatFont


Untuk mengetahui jenis font di sebuah halaman website, refresh dulu halaman tersebut dengan menekan tombol F5 pada keyboard. Atau, buka halaman website baru.

Kemudian, klik sekali pada icon WhatFont di toolbar. Kalau teks Exit WhatFont muncul, itu tandanya ekstensi tersebut sudah aktif dan siap digunakan.



Arahkan mouse ke teks website yang mana saja, lalu klik pada teks tersebut. Informasi seputar font yang digunakan di dalam teks tersebut akan ditampilkan oleh WhatFont saat itu juga.



Selama WhatFont dalam kondisi aktif, kamu bisa mengklik teks manapun berkali-kali dan membandingkan semua informasinya.



Untuk keluar dari mode WhatFont, klik Exit WhatFont atau tekan tombol ESC pada keyboard.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar