4 Cara Restart Mozilla Firefox Terbaru 2019

Restart Firefox adalah salah satu cara yang bisa ditempuh untuk mengatasi browser yang lemot karena banyaknya tab yang terbuka. Selain itu, restart juga diperlukan ketika kita mengubah konfigurasi tertentu. Misalnya, mengubah isi userChrome atau mengaktifkan fitur yang terbenam di dalam di about:config.

Meskipun lumayan penting, entah kenapa Mozilla Firefox tidak menyediakan tombol restart baik di toolbar maupun di dalam menu browser. Mungkin karena dianggap tidak penting atau mungkin khawatir bakalan terjadi kecelakaan seperti mengklik tombol secara tidak sengaja. Namun demikian, Mozilla tetap menyediakan metode lain untuk memuat ulang browser.

Tombol Restart di About:Profiles


Cara ini memanfaatkan tombol restart yang letaknya tersembunyi di dalam halaman profil Firefox.

Ketik about:profiles di address bar lalu tekan Enter. Tombol tersebut bisa ditemui di bagian kanan atas pada halaman yang terbuka.

Ada dua metode restart yang tersedia: Restart with add-ons disabled (Mulai Ulang dengan Pengaya dinonaktifkan) dan Restart normally (Mulai ulang dengan normal). Pilih salah satu sesuai kebutuhan.



Agar lebih gampang diakses, pasang halaman about:profil sebagai bookmark di bookmark bar. Dengan begitu Firefox bisa direstart dalam 2x klik.


Melalui Menu Firefox


Tekan tombol Alt pada keyboard, lalu klik menu Help (Bantuan). Selanjutnya, klik Restart with Add-ons Disabled (Mulai Ulang dengan Pengaya dinonaktifkan).



Cara restart yang kedua ini akan menonaktifkan seluruh ekstensi yang terinstall di dalam browser. Sedari awal sepertinya fitur ini ditujukan sebagai sarana untuk membantu mengatasi masalah yang ada di Firefox.


Melalui about:restartrequired


Ketik about:restartrequired di address bar, lalu tekan Enter, tekan Enter lagi.


Tombol Restart di Toolbar


Pada dasarnya disini kita memasang tombol restart di toolbar dengan menambahkan beberapa file pada folder chrome di folder profil Firefox. Untuk lebih jelasnya bisa baca langkah-langkahnya secara mendetail di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar